Skip to main content

Fosil Ular Berkaki Empat Ditemukan di Brasil

 Fosil Ular Berkaki Empat Ditemukan di Brasil - Sebuah fosil ular berkaki empat berusia 113 juta tahun ditemukan di Brasil. Fosil seperti ini adalah yang pertama dilihat ilmuwan dan diperkirakan adalah nenek moyang ular masa kini.

Tangan dan kaki kecilnya itu diduga tidak digunakan untuk berjalan dan berenang, tetapi mungkin membantunya mencengkeram mangsa dan menggali. Temuan itu memperkuat asumsi yang mengatakan bahwa ular berevolusi di daratan.

Perdebatan itu sudah lama berlangsung di antara ahli palaentologi, dan para peneliti mengatakan bahwa makin sedikit bukti yang menunjukkan ular berkembang dari reptil laut.

"Ini adalah fosil ular yang paling primitif, dan tampak jelas ini tidak hidup di air," kata Dr Nick Longrich dari University of Bath, salah satu peneliti studi itu.

kepada Science in Action untuk BBC, Longrich menjelaskan, makhluk ini tidak memiliki buntut yang berbentuk seperti dayung untuk berenang dan tidak memiliki tanda-tanda sirip.

Sedangkan belalainya yang panjang dan moncong pendek adalah fitur yang biasa ditemukan pada binatang penggali.

Longrich malah melihat sejumlah organ mirip ular, seperti gigi bengkok, rahang dan tulang punggung fleksibel, bahkan sisik mirip ular.

"Tidak bisa dimungkiri itu adalah ular. Hanya saja, dengan lengan dan kaki kecil," katanya.

Lengan 4 mm dan kaki 7 mm itu, menurut Longrich, tidak digunakan untuk berjalan, tetapi untuk mencengkeram mangsa.

Cengkeraman lemah itu yang mungkin juga digunakan pada saat perkawinan adalah sumber nama spesies itu, yakni Tetrapodophis, yang artinya ular berkaki empat, dan Amplectus, yaitu bahasa Latin yang berarti merangkul.

Dr Bruno Simoes yang mempelajari evolusi penglihatan ular di Museum Sejarah Alam di London mengatakan sangat terkesan oleh penemuan ini karena lengan dan kaki ular itu terawetkan dengan baik dan tampak berkembang baik.

"Sangat mengejutkan karena tampak sangat dekat dengan kelompok ular masa kini," katanya.

Simoes mengatakan, fosil tersebut ini dan beberapa temuan baru lainnya memberikan bukti bahwa ular berevolusi di daratan.

Comments

Popular posts from this blog

Duit Mark Zuckerberg Tidak Pernah Habis

Duit Mark Zuckerberg Tidak Pernah Habis - Pertanyaan yang tidak pernah hilang adalah siapakah orang terkaya di dunia? Waktu kita kecil, acap kali saat penerimaan rapor, selalu ada pertanyaan dapat peringkat berapa di sekolah. Merupakan suatu kebanggaan jika kita berhasil menjadi yang paling atas setidaknya masuk 10 besar. Tak jauh berbeda dengan hal tersebut, di dunia ini orang orang mengejar untuk mendapatkan kursi orang nomor satu di dunia, salah satunya adalah menjadi yang paling kaya. Setiap tahun berbagai survey diadakan untuk mengetahui peringkat dari orang orang berduit versi dunia. Siapa sajakah orang orang itu? berikut kami liput dalam urutan orang terkaya di dunia dan jumlah uangnya. Mark Zuckerberg Pendiri Facebook $56 miliar Sekitar Rp746,6 Triliun Mark Zuckerberg  lahir di kawasan bernama Dobbs Ferry, Westchester County, kota New York. Anak dari pasangan Edward Zuckerberg dan  Karen Kempner. Mark Zuckerberg adalah anak kedua dari empat bersaudara.  Mark Zuckerberg atau ya

Perempuan Super Aneh dan Unik di Dunia

Perempuan Super Aneh dan Unik di Dunia   - Dunia ini banyak saja hal-hal aneh dan unik yang dilakukan oleh manusia, ada yang berbuat hal aneh dan ada pula yang berbuah hal unik. Teman aneh tapinyata.net bagi seorang pria normal membicarakan tentang wanita tidak akan pernah ada habisnya. Tapi tahukah teman ada beberapa wanita di dunia yang tidak seperti wanita pada umumnya? Aneh tapi nyata mungkin itu yang terlihat dari para wanita ini dimata orang yang memandangnya. Dengan keunikannya tersebut para wanita ini sukses membuat heboh dunia. Untuk menambah informasi teman semua langsung saja kita simak informasinya. Semoga bermanfaat. Berikut beberaoa contoh yang aneh dan unik yang telah kami kumpulkan dari berbagai belahan dunia, sebagai berikut : 1. Maria Cristerna The Dragon Lady Pengalaman yang buruk memang dapat merubah jalan hidup seseorang, termasuk melakukan hal-hal yang ekstrem pada dirinya. Seperti yang dialami oleh seorang wanita bernama Maria Cristerna, dia merubah total penampi